Grand Kefir Bogor - Mari sehat Bersama Kefir

Rabu, 05 Maret 2014

Cara Menyimpan Grains Kefir Ketika Tidak Digunakan



Di sini saya sedikit berbagi kepada teman-teman, tips bagaimana menyimpan bibit/Grains KEFIR agar tidak rusak, atau mati selama kita sibuk, atau tidak segera membuatnya. Kalau ini dilakukan dengan hati-hati tentu tidak perlu ada 'infall' grains kan? :) Selain itu, agar diperhatikan hal-hal berikut :
  • Grains Kefir tidak boleh dicampurkan dengan bahan-bahan lain, kecuali susu murni atau susu bubuk.
  • Mencuci grains kefir harus menggunakan susu cair, tidak boleh dengan air mineral. Grains Kefir bisa susut, dan tidak sehat, akan mengakibatkan mati.
  • Harus selalu dikemas dalam "plastic jar atau glass jar" yang ada penutupnya, agar bakteri dan bau dari makanan, buah-buahan, ikan, daging, dan sayuran lain agar tidak terhisap oleh Kefir. Bau durian bisa mematikan grains kefir! 
Ada 2 Cara yang bisa dilakukan :
PENYIMPANAN JANGKA PENDEK

Langkah 1
Bersihkan botol kaca  dengan air hangat untuk menghilangkan residu asam seperti saus tomat. Keringkan.
Langkah 2
Tempatkan butir kefir ke dalam toples, pastikan butir tidak penuh. Jika bibitnya banyak,  gunakan beberapa stoples.
Langkah 3
Tuangkan susu yang cukup atas butir kefir sampai terendam susu semuanya. Tutup tabung dengan rapat.
Langkah 4
Tempatkan tabung dalam lemari es pada 40 derajat F, Jika Anda menyimpan butir kefir lagi, pastikan untuk menambahkan  susu setidaknya sekali setiap dua minggu. Bibit kefir tahan selama 2 minggu di dalam kulkas.

PENYIMPANAN JANGKA PANJANG

Langkah 1
Rebus air dalam panci besar. Tunggu sampai dingin sendiri.
Langkah 2
Tempatkan saringan di wastafel dan taruhlah butir kefir di saringan. Tuang air dingin di atas butir kefir untuk dibilas.
Langkah 3
Setelah bersih, siapkan handuk dingin yang terbuat dari kain handuk atau kain lain misalnya serat kapas penyerap di meja dan taruhlah butir kefir yang sudah dibilas tadi. Butir dikeringkan dengan handuk bersih yang lain, pastikan butiran kering tidak lembab lagi.
Langkah 4
Tempatkan biji kefir dalam stoples kaca bersih atau freezer di kantong plastik zipper. Tambahkan susu bubuk secukupnya  untuk menutupi butir kefir sampai menutupi semuanya, kemudian segel wadah dan letakkan dalam freezer selama dua bulan.

Nah, setelah bibit kefir ini disimpan di tempat aman. Anda bisa melakukan perjalanan dengan tenang.
Selamat beraktifitas - Salam Sehat :)

( Oleh Ibu  Kasriati Purnomo )


8 komentar:

Unknown mengatakan...

halo.. saya ingin sekali bikin susu kefir sendiri, tapi masalahnya di kos saya ga ada kulkas, gimana ya caranya biar bisa bikin minuman kefir tanpa perlu kulkas? mohon bantuannya, terimakasih

Unknown mengatakan...

coba pakai box yang biasanya buat jualan es, trus di kasih es dan garam di dalam box nya, hbs tu tinggl masukin susu kefir yng udah di kasih botol ke box

Unknown mengatakan...

@rijalamiirudin thanks. kalo buat makanan bibit kefir selama gak dipakai itu pake susu bubuk merk apa ya?

GreatQueen1 mengatakan...

mas, saya mau bertanya
knpa ya bibit yang saya punya sewaktu dibuat masker tidak berpisah secara sempurna antara whey dan curdnya ada yang dibilang bibitnya sakitgimana caranya agar sehat lagi ya
terima kasih sebelumnya

Unknown mengatakan...

Terus setelah dari freezer kan beku, kalau mau dibuat fermentasi lagi gimana caranya?

Unknown mengatakan...

Proses pembuatan kefir mmg tidak membutuhkan kulkas mb...

Unknown mengatakan...

@khuznulKotimal maaf maksud sy, buat nyimpen susu, soalnya sy pke susu kemasan uht, dan sehari bikin 1 gelas aja. jd masih ada sisa susu buat disimpan

Unknown mengatakan...

Maksudnya gimana ya penjelasan di atas. Katanya tidak boleh di cuci atau di bilas air kecuali susu. Tapi untuk penyimpanan jangka panjang kok di cuci pakai air yg sudah dinggin/air yg sudah di didihkan. (Ini yg di maksud air biasa atau air susu?) Mohon penjelasanya. Terimakasih.