Grand Kefir Bogor - Mari sehat Bersama Kefir

Selasa, 30 April 2013

Tomat organik lebih kaya vitamin C daripada

Tomat biasa




Meskipun bentuk tomat organik lebih kecil daripada yang biasa, namun peneliti menyebutkan kalau kandungan vitamin C di dalamnya justru lebih tinggi.
Salah satu penyebabnya adalah pertumbuhan tomat organik yang bebas dari berbagai senyawa kimia. Sementara tomat biasa memang sering terkena paparan pestisida, pupuk buatan, dan bahan-bahan lain yang secara tidak langsung 'mengurangi' kandungan gizi di dalamnya.
Penelitian dalam jurnal PLOS One ini pun membuktikan bahwa perawatan tanaman sangat mempengaruhi buah yang dihasilkan. Buah dan sayur yang berkualitas pun bisa didapatkan jika penanamannya benar-benar diperhatikan.
Selama ini, banyak perdebatan mengenai nutrisi dalam makanan organik dan biasa. Banyak pihak yang setuju kalau makanan organik memang jauh lebih menyehatkan meskipun harganya mahal. Sementara tak sedikit pula pihak yang menyangkalnya.
Beberapa penelitian sebelumnya sudah menyebutkan rasa makanan organik memang lebih lezat daripada yang biasa. Namun ini adalah penelitian pertama yang membuktikan kandungan vitamin C pada tomat organik memang lebih tinggi daripada yang biasa.
Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, peneliti menyampaikan kalau bentuk tomat organik memang 40 persen lebih kecil. Tetapi kandungan vitamin C dari tomat organik justru 57 persen lebih tinggi daripada yang biasa.
Nutrisi penting lain dalam tomat yang baik bagi kesehatan adalah lycopene. Dalam beberapa penelitian, lycopene ampuh menurunkan risiko kanker prostat dan memperlambat pertumbuhan tumor.

Tidak ada komentar: