Grand Kefir Bogor - Mari sehat Bersama Kefir

Rabu, 16 Oktober 2013

Manfaat Teh Hijau untuk Otak







Manfaat Teh Hijau untuk Otak Femina
Manfaat teh hijau bagi otak telah terbukti melalui sebuah penelitian yang dilakukan di Newcastle University, Inggris. Penelitian ini menyelidiki efek bahan kimia yang dihasilkan oleh senyawa polifenol  --antioksidan pemberi rasa pahit yang terdapat dalam teh hijau-- ketika sudah dicerna oleh tubuh.

Menurut  Dr. Ed Okello, pengajar di School of Agriculture, Food and Rural Development at Newcastle University, pemimpin proyek penelitian tersebut, bahan kimia yang dihasilkan oleh senyawa polifenol dalam teh hijau ini amat efektif melawan pemicu perkembangan penyakit alzheimer. Kerjanya justru lebih efektif ketika sudah dicerna oleh enzim di dalam usus dibandingkan pada saat belum dicerna.  

Asam amino utama di dalam teh hijau yang bernama teanin (L-theanine) juga efektif merangsang aktivitas listrik otak untuk menghasilkan gelombang alfa pada otak. Mekanisme ini mampu mendatangkan perasaan relaks dan kewaspadaan mental seperti yang didapatkan dari meditasi, dalam waktu 30-40 menit setelah mengonsumsi teh hijau.
Penelitian lain juga menemukan bahwa teanin pada teh hijau bisa bekerja sinergis dengan kafein untuk menstimulasi aktivitas sel-sel otak. Para peneliti menemukan bahwa 100 miligram teanin yang diperoleh dari 4 cangkir teh hijau sudah cukup ampuh untuk membuat Anda memfokuskan pikiran pada tugas-tugas rumit di depan mata. (f)




(*femina.co.id)

Tidak ada komentar: