Grand Kefir Bogor - Mari sehat Bersama Kefir

Sabtu, 08 Agustus 2015

Kefir Susu : Paling Sempurna.

Bayi manusia dalam hari-hari pertama setelah kelahirannya diberi kolostrum dan selanjutnya selama 6 bulan berikutnya hanya diberi ASI. Tidak ada yang bisa menggantikan. Kalaupun terpaksa diganti, berbagai masalah kesehatan akan muncul. Setelah diberi makanan tambahan, pemberian ASI diupayakan tetap diberikan sampai usia 2 tahun.

Dari fenomena ini, kita bisa menyimpulkan :
  1. Kandungan pada susu sempurna/lengkap dan cukup untuk pertumbuhan bayi manusia dalam 6 bulan pertama.
  2. Setelah 6 bulan, tidak mencukupi, terutama dari sisi volumenya. Tetapi secara keseluruhan makanan berimbang merupakan prasyarat untuk sehat. Pengertian "berimbang" dikaitkan dengan kebutuhan aktivitas yang spesifik.
Pengertian lengkap adalah semua jenis komponen gizi/nutrisi yang ada pada susu memenuhi semua kebutuhan manusia. Kadang problema yang muncul adalah lactose intolerance akibat kemampuan menghasilkan enzim laktase menurun. Ini teratasi dengan memproses susu menjadi Kefir.

Untuk hidup sehat, manusia membutuhkan sekitar 20 macam asam amino.
Asam amino ini adalah bahan baku pembentuk protein. Dari 20 macam asam amino itu, sekitar 8 diantaranya tidak bisa dibuat oleh tubuh, harus dikonsumsi dari luar, dalam bentuk makanan.

Pembentukan berbagai sel tubuh, enzim dan hormon dilakukan oleh tubuh dengan merangkaikan asam amino dari makanan. Tapi yang kita makan adalah protein, atau rangkaian asam amino yang sudah tersusun secara spesifik, dan tidak bisa secara langsung digunakan oleh tubuh.
Karenanya protein yang kita makan harus dipecah menjadi komponennya, yaitu berbagai asam amino, agar tubuh dapat menyusunnya kembali sesuai kebutuhan.

Perangkat untuk memecah protein menjadi asam amino ini adalah sekresi asam lambung dan berbagai enzim pencernaan.
Untuk memperoleh asam amino secara lengkap dan mencukupi, prasyaratnya adalah :
  1. Adanya asupan protein yang baik, tidak rusak, segar, bukan protein aking.
  2. Sekresi zat pencerna berlangsung baik (asam lambung, empedu dan berbagai enzim), sehingga mampu mengurai protein menjadi komponennya, yaitu berbagai asam amino.
Dengan mengkombinasikan 20 jenis asam amino ini, dapat dibuat berbagai sel, hormon, antibody, enzim yang spesifik sampai milyaran kombinasi.

Apabila jenis asam amino ini tidak lengkap untuk membuat suatu protein, maka yang kita dapatkan adalah protein yang tidak sempurna. Inilah yang antara lain mengakibatkan gangguan imunitas (karena imunoglobulin dan antibody juga merupakan protein). Gangguan metabolisme, karena hormon insulin juga protein, dsb.

Bukan itu saja, protein tubuh yang "cacat" menyebabkan komunikasi antar sel juga mengalami gangguan. Ini antara lain penyebab autism dan berbagai hambatan fisiologis.

Jadi, keistimewaan Kefir susu bukan hanya terletak pada kelengkapan probiotiknya, tapi juga pada komponen nutrisi, gizi, vitamin dan enzimnya. Enzimlah yang mampu mengurai nutrisi yang ada menjadi komponen yang bisa dibentuk (disintesa) oleh tubuh menjadi berbagai jenis sel dan protein.

Saya ambil contoh penyembuhan diabetes  yang benar (bukan sekedar menurunkan kadar gula darah).

Dua hal yang harus dilakukan:
  1. Memperbaiki sel-sel pankreas yang rusak, agar mampu bekerja dengan baik.
  2. Menyediakan bahan baku untuk pembuatan insulin, berupa asam amino yang jenisnya maupun jumlahnya mencukupi, karena insulin ini merupakan protein, rangkaian 51 gugus asam amino. Salah satu gugus tidak ada, maka yang kita dapatkan adalah insulin yang kualitasnya rendah.
Jadi walaupun asupan protein kita mencukupi, tapi bila protein yang kita konsumsi juga sudah rusak, atau pencernaan tidak mampu mengurai asupan protein dengan baik, maka sel pankreas tidak akan bisa diperbaiki, dan insulin juga tidak dapat diproduksi dengan baik.

Untuk memberikan gambaran proses metabolisme protein ini, saya gambarkan begini:

Kita tahu bahwa berbagai kue itu bahan dasarnya adalah tepung, gula, mentega dan telur.
Kalau kita mau membuat kue tart, maka semua bahan itu harus ada.
Kita tidak bisa membuat kue tart kalau bahan bakunya kue donat, bolu kukus dan lapis legit.
Tapi katakanlah, ada teknologi yang bisa mengurai donat, bolu kukus dan lapis legit itu menjadi komponennya lagi yaitu  tepung, gula, mentega dan telur. Maka barulah kita bisa membuat kue tart.

Keajaiban dan teknologi canggih itu telah disiapkan Tuhan, antara lain dalam bentuk Kefir Grains !
Kita tinggal memberikan tubuh kita makanan yang mudah didapat, menjaganya agar berimbang dan sisanya biarlah Kefir dan tubuh kita yang mengolahnya, atas perkenan Tuhan YME.

Karenanya, mengutip istilah sesepuh KKI, Diabetes Melitus itu penyakit ringan, cuma masalah malnutrisi, dan sampai batas tertentu bisa disembuhkan secara sempurna !!

Jadi jelaslah bahwa Kefir Susu tidak tergantikan, karena tidak mungkin kita memperoleh asam amino dari air gula yang difermentasi dengan SCOBY.


(FILE KKI)

@BY.ADI KUMBARA

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Malam...
Bu kalo saya mau beli kefirnya gimana? Daftar harganya berapa??

Grand Kefir Bogor - Elly Yustika Sari mengatakan...

Selamat sore Bu.Silahkan telf atau WA ke no.081806068995