Grand Kefir Bogor - Mari sehat Bersama Kefir

Senin, 20 Mei 2013

4 Jenis Makanan Mematikan




Bahaya kesehatan yang berhubungan dengan makanan sudah menjadi berita umum belakangan ini. Entah itu karena kontaminasi makanan atau keracunan makanan. Yang pasti, kita harus berhati-hati pada beberapa jenis makanan berikut ini. Meskipun dampaknya tidak terjadi sekarang, mungkin saja kita merasakan efeknya beberapa tahun kemudian. Livestrong memaparkan empat jenis makanan yang bisa mematikan.
  1. Makanan yang menyebabkan alergi.
    Di Amerika Serikat, lebih dari 200 orang meninggal akibat komplikasi kesehatan yang berkaitan dengan alergi makanan setiap tahun, demikian menurut Asthma and Allergy Foundation of America. Alergi makanan dapat mematikan karena dapat menyebabkan reaksi yang disebut anafilaksis, suatu kondisi yang berpotensi membuat shock tubuh ditandai dengan pembengkakan pada lidah dan tenggorokan, penurunan berat badan, tekanan darah, sesak napas, mual, muntah, dan atau sakit perut. Alergen (penyebab alergi makanan) yang sering kita temui, termasuk kacang tanah, susu, telur, kerang, kedelai, dan gandum.

  2. Makanan ekstrem.
    Makanan ekstrem adalah kategori makanan yang dicirikan oleh tingkat ekstrem dalam penggemukan dan nutrisi yang tidak sehat. Misalnya, makanan cepat saji yang ditawarkan dalam porsi yang sangat besar atau campuran makanan yang berbeda yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dan risiko kesehatan lainnya.
  3. Makanan beracun.
    Sekitar 150 orang di Amerika Serikat meninggal setiap tahun karena makan jamur beracun di hutan, demikian menurut UCLA. Tidak mengherankan, mengingat hanya 95 persen jamur di dunia yang telah diidentifikasi, menurut ahli biologi Anne Pringle, Profesor di Harvard University. Oleh karena itu, kita harus waspada dalam menghindari makanan yang berpotensi membawa racun ke dalam tubuh, seperti biji apel, yang mengandung senyawa sianida, kentang dengan warna hijau pada kulitnya, yang disebabkan oleh racun yang disebut solanin.
  4. Makanan yang terkontaminasi.
    Untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan makanan, kita harus mengetahui informasi yang tepat bagaimana menyimpan dan peduli terhadap makanan. Salmonella dan E. coli adalah jenis bakteri yang sering mencemari makanan. Bakteri ini menyebabkan 9.000 kematian di Amerika Serikat setiap tahun, demikian menurut Centers for Disease Control and Prevention. Salmonella adalah bakteri yang menempel pada burung, reptil, dan mamalia yang menyebabkan demam, diare, dan pada kasus berat. Sedangkan infeksi E. coli dapat mengancam jiwa.
Makan sehat memang perlu, tapi tetap berhati-hatilah. (*)

Tidak ada komentar: