Grand Kefir Bogor - Mari sehat Bersama Kefir

Rabu, 02 April 2014

Konsumsi Cokelat Saat Menstruasi, Amankah?

 
 
Konsumsi Cokelat Saat Menstruasi, Amankah?


Menjelang menstruasi umumnya nafsu makan meningkat. Namun wajarkah jika selalu menginginkan cokelat ketika menjelang dan saat mentruasi? Menurut Dr Andi Sugiarto SpRM, konsultan seksologi dan rehabilitasi di LA Clinic Semarang, menjelang dan saat menstruasi, ada penurunan kadar hormon estrogen, serotonin, dan dopamin. Ini menyebabkan menurunnya mood. 

Cokelat mengandung lesitin, antioksidan, dan zat-zat lain yang dapat meningkatkan serotonin, endorfin, dan dopamin, yang dapat meningkatkan semangat, dan memperbaiki mood menjadi positif.
Dalam cokelat juga banyak terkandung vitamin dan mineral, seperti magnesium dan zat besi, yang kadarnya di dalam tubuh berkurang pada saat menstruasi. 

Karena itu adalah suatu hal yang wajar jika tubuh berusaha mencukupi zat yang dibutuhkan untuk membuat keseimbangan metabolisme dan psikis. Boleh saja makan cokelat, tapi makan sedikit demi sedikit dulu, jangan langsung enam batang. Pilih dark chocolate daripada milk chocolate yang lebih banyak mengandung lemak dan kalori. Secara bertahap, kurangi jumlah cokelat yang dimakan. Gantilah cokelat dengan yoghurt/kefir atau buah, sedikit demi sedikit. Bila sedang ‘ngidam’ coklat, tunggulah sekitar setengah jam. Bila masih ‘ngidam’ juga, makanlah sepotong kecil coklat. Bila keinginan itu sudah hilang, maka tidak perlu makan cokelat dulu


(*goodhousekeeping.co.id)

Tidak ada komentar: