Grand Kefir Bogor - Mari sehat Bersama Kefir

Selasa, 13 Agustus 2013

Kefir vs Asam Urat

 
Pembengkakan karena asam urat disebabkan mengkristalnya asam urat dan mengendap pada ujung-ujung syaraf di persendian. Pada umumnya ini terjadi bila kadar asam urat sudah di atas 8 mg/dL Kristal yang berujung tajam ini menusuk syaraf sehingga terasa sakit sekali.
 
Pada orang yang minum Kefir, biasanya pengendapan/ pengkristalan asam urat terjadi bila konsentrasi asam urat sudah di atas 14 mg/dL Artinya bila orang lain pada angka 10 saja sudah bengkak, pada pengguna Kefir, belum terasa apa2.
Pembengkakan juga tidak tiba-tiba, rasa sakitnya lambat, tidak seperti yang tidak minum Kefir, bengkaknya terjadi hampir secara tiba-tiba.
 
Bila gejala sudah terasa, maka minum Kefir bening ditingkatkan. Kalau perlu dibantu dengan obat penurun asam urat (mis. allopurinol). Obat ini akan bekerja lebih efektif bila disertai Kefir.
 
Beberapa orang pengguna Kefir (termasuk saya sendiri), rata-rata kadar asam urat 13, dan belum bengkak. Mulai terasa sakit di persendian kaki bila sudah mendapai atau lebih dari 16.
 
Jadi tentang bengkaknya sendiri kemungkinan bukan karena asam urat, kecuali bila memang mengonsumsi makanan yang asam uratnya tinggi (seperti jeroan, emping dsb)." (*Marinki's Kefir)

Tidak ada komentar: